Apr 28, 2011

IDENTITAS DAN HARGA DIRI

Oleh: Benediktus Bere Mali, SVD
Pengakuan Harga Diri
Beberapa waktu lalu sebuah bangsa memberi penghargaan kepada salah seorang putera terbaik Indonesia atas jasanya memperjuangkan kebenaran, keadilan dan perdamaian sampai titik darah penghabisan. Penghargaan yang diberikan itu adalah untuk mengabadikan namanya, harga dirinya dan identitasnya yang dibangun di atas kebenaran, keadilan dan perdamaian sosial yang diperjuangkannya sampai titik darah penghabisan atau sampai mati. Penghargaan itu terungkap dalam menggunakan namanya pada jalan utama Negara dan bangsa asing yang sangat peduli pada perjuangannya daripada bangsanya sendiri.
Harga Diri Sebuah Bangsa
Bangsa Yahudi adalah bangsa yang memiliki harga diri yang tinggi di antara bangsa-bangsa dunia. Harga diri bangsa Yahudi ditakar oleh iman mereka kepada YAHWE sebagai satu-satunya penguasa mereka, yang disistematisasi dalam hukum Yahudi-Hukum Taurat Musa.


Identitas Bangsa Yahudi menutup semua pintu bagi mereka untuk mengakui penguasa lain di luar YAHWE dan mengakui hukum lain di luar hukum Taurat Musa. Mengakui Hukum lain dan penguasa lain sama dengan menginjak-injak harga diri mereka. Mengakui penguasa lain dan menjadikan hukum lain sebagai patokan setiap kehidupan sosial mereka melecehkan harga diri sendiri. Itu artinya harga diri mereka tidak ada lagi. Lebih baik mati daripada tidak mempunyai harga diri.
Tidak Punya Harga Diri Lagi
Identitas bangsa Yahudi mengalami krisis di dalam perjalanan sosial karena ada banyak tekanan sosial. Puncak krisis harga diri Bangsa Yahudi adalah ketika mereka mengakui Kaisar sebagai satu-satunya Raja mereka. Mereka mengatakan itu secara lantang di depan publik. Kata-kata mereka ini menghancurkan harga diri mereka sendiri: “Setiap orang yang mengaku dirinya sebagai raja, dia melawan kaisar.” Kata-kata imam-imam kepala penjaga identitas Yahudi ini, juga menghancurkan harga diri mereka. Dengan katak-kata imam-imam kepala ini : “Satu-satunya raja kami ialah kaisar,” menempatkan bangsa Yahudi sudah tidak mempunyai harga diri lagi. Bangsa Yahudi mematikan harga diri mereka, hidup mereka sendiri, berpuncak pada YAHWE yang menjadi manusia dalam diri YESUS yang mereka bunuh di Salib. Inilah puncak kematian Allah kematian harga diri Bangsa Yahudi.
Membunuh YAHWE adalah pekerjaan orang kafir. Kematian YAHWE dalam diri YESUS merupakan puncak kematian harga diri bangsa Yahudi, kematian segala-galanya. Sebuah tindakan sadis bangsa Yahudi yang menodai harga dirinya sepanjang zaman manusia.
Mereka telah ke lain hati. Dari Kesetiaan mereka kepada YAHWE kepada Kesetiaan kepada Kaisar Raja Kafir. Dari Identitas mulia yang mereka miliki seperti yang disistematisasi di dalam Hukum Musa menuju tidak mempunyai harga diri lagi. Dari makhluk beriman menuju makhluk kafir. Puncak kekafiran Yahudia adalah membunuh YAHWE sebagai satu-satunya penguasa yang menyelamatkan mereka. Ini drama jalan Salib, drama kematian Tuhan oleh kaum kafir yang kita renungkan pada hari Jumat Agung ini.
Drama penghancuran identitas kaum beriman oleh kaum beriman sendiri selalu actual di dalam kehidupan sosial sepanjang zaman. Bangsa Indonesia adalah bangsa Religius. Kita menemukan bukti yang kuat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa Religius dengan menjumpai tempat sembahyang di mana-mana. Kita menjumpai tempat ibadah hampir di setiap sudut kota dan kampung, RT, RW di tanah air. Kita menjumpai tempat sembahyang di setiap Pom Bensin di jalan-jalan.
Hakekat sembahyang adalah menyelamatkan diri dan sesama melintas batas, karena Tuhan pasti mendengarkan doa orang yang berintensi menyelamatkan diri dan sesamanya. Apakah dengan demikian kita tidak menjumpai roh-roh kekafiran dalam hidup berbangsa dan bernegara?
Tindakan kekafiran yang membunuh Allah yang berwajah manusia tetap ada. Kita menglami tindakan kekafiran dalam bom buku, bum bunuh diri beberapa waktu lalu menjelang Perayaan Paskah. Kita juga menemukan di dalam media cetak dan media elektronik, orang-orang yang membunuh anak yang dikandungnya yaitu mengadakan aborsi, pembunuhan melalui narkoba, teroris yang menghancurkan hidup manusia. Semua tindakan terencana sadar bebas, membunuh hidup manusia adalah perbuatan konkret kekafiran Yahudi dan Romawi berwajah zaman modern kini dan di sini di Indonesia sebagai bangsa yang dikenal sebagai bangsa yang memiliki rasa religiusitas yang sangat tinggi. Dengan tindakan pembunuhan hidup yang semakin menyebar di tanah air, berarti kita juga menghancurkan identitas diri kita sebagai bangsa yang memiliki kehidupan religious yang tinggi di mata bangsa-bangsa di dunia. Artinya kita juga boleh dikatakan bahwa harga diri kita sudah ternoda.
Lantas apa yang kita lakukan untuk me-re-formasi harga diri kita agar kembali memiliki harga diri yang utuh sebagai bangsa religious yang menyelamatkan hidup melintas batas? Kita mulai dari diri kita sendiri, dari keluarga kita, dari komunitas kita, dengan menolak semua model pembunuhan terhadap tindakan pembunuhan dan mencintai kehidupan dan keselamatan semua manusia. Kita menjauhkan semua perbuatan kekafiran dalam hidup kita dan senantiasa menghadirkan kehidupan religious yang mencintai kehidupan melintas batas di atas segalanya.***

Jumat Agung Tahun A 2011
Kisah Sengsara Injil Yohanes
Soverdi St. Arnoldus Janssen Surabaya

No comments: