May 23, 2011

Mengintip Fasilitas Pendidikan di sub-distrik Atabae

Sub-distrito Atabae iha distrito Bobonaro nia ukun, fahe ba suco haat mak hanesan: Suco Atabae iha parte Sul too Leste, Suku Hataz iha parte Oeste, Suco Rairobo iha parte central no Suco Aidabaleten iha parte Norte.

Populasaun Atabae maioria koalia lian Quemaq ho diferente dialektika oi-oin iha suco ida-idak. Toos nain, natar na'in, no krau atan hola parte ba populasaun nia aktividades loro-loron. Atabae iha nia kultura no tradisaun rasik tuir gearsaun ba gerasaun ne'ebe hatuir hela, maibe seidauk hakerek didiak tuir cientifika nia doutrina.

Fasilitas Pendidikan di sub-distrik Atabae, sangat terbatas kalau tak dibilang sementara ditelantarkan. Hanya ada sebuah Sekolah Menengah Pertama, Escola Pre-Secundaria Atabae, yang berlokasi di pusat kota Railian, dengan fasilitas pendidikan yang sangat amat memprihatinkan.

 Ada sekitar 6 Sekolah Dasar yang tersebar di masing-masing Suco dengan kondisi bangunan dan fasilitas perlengkapan sekolah yang memprihatinkan. Hampir tidak ada kegiatan extrakurikuler untuk meningkatkan kreatifitas pelajar, tidak ada perpustakaan yang menunjang proses belajar mengajar, tidak ada perlengkapan olah raga, dan lain sebagainya.

Hanya niat dan kemauan kuat dari para pendidik dan pengajar, serta semangat mengubah nasib dari para pelajar yang terus menghidupkan kegiatan belajar mengajar di setiap Sekolah Dasar dan satu-satunya Sekolah Menengah Pertama do sub-distrik ini.

Dalam keadaan fasilitas dan perlengkapan minim, terbatas dan terkesan terlantar, masih ada harapan untuk terus melangkah maju, masih ada titik terang dikejauhan sana, dan sinar itu adalah perhatian dan uluran tangan daripada persatuan anak-anak Atabae yang ada di perantaun.

Sekiranya di dalam setiap kesibukan harian anda sekalian, masih ada satu menit untuk mengenang tanah kelahiran Atabae, sembari memikirkan jalan terbaik untuk memajukan daerah ini paling tidak dari segi PENDIDIKAN.

No comments: