Jan 17, 2011

Gua Santa Maria di Bitauni (Tempat Ziarah di Timor Barat)

Gua Santa Maria Bitauni, di Kiupukan, Kefamenanu.




Patung Malaikat di pelataran Gua
Goa yang terdapat dipingiran jalan ini berada di tempat yang sangat teduh dengan pepohonan yang tertata rapi didalamnya. Pada bagian lain tempat ini terdapat tempat untuk melakukan misa umat Katolik.Pada bulan Mei yang dikenal dengan nama Bulan Maria sering diadakan kegiatan Misa ditempat ini. 


Pada bagian lain tempat ini terdapat 14 Stasi yaitu tempat pemberhentian dimana terdapat gambar yang mengilustrasikan gambaran kesengsaraan Tuhan Yesus sejak penangkapan, pengadilan, penyalipan di Bukit Golgota dan pemakaman serta pembangkitan kembali ke Surga.

Tempat ini selain didatangi oleh umat Katolik di daerah Insana juga didatangi oleh umat Katolik dari luar daerah bahkan sebagai tempat wisata religi. Beberapa perayaan hari besar umat Katolik di semua Kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Belu dipusatkan ditempat ini dibawah Keuskupan Atambua.
Jalan menuju Gua 

Pelataran Gua Santa Maria Bitauni, untuk Perayaan Misa

No comments: